Pemkab Karo Masuk Rangking 97 se-Indonesia Dalam Indeks Inovasi Daerah

BPP Kemendagri

topmetro.news – Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, melalui Pusat Litbang Inovasi Daerah, resmi mengumumkan daerah se-Indonesia yang inovatif lewat indeks inovasi dalam mendorong efektivitas pelayanan publik dan menciptakan nilai tambah.

Hal itu sebagaimana penjelasan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH setelah mengetahui Pemkab Karo masuk sebagai daerah ‘Innovative Government Award’ (IGA) dari Kemendagri, Selasa (27/10/2020).

Menurutnya, raihan prestasi itu cukup memuaskan dalam indeks inovasi daerah kategori seluruh provinsi/kabupaten se-Indonesia. Dan Pemkab Karo memiliki 51 inovasi dengan skor 3.319 dalam posisi mendapat rangking 97. Sedangkan dalam posisi se-Sumatera Utara, Karo masuk rangking tiga.

Untuk mengetahuinya, Bupati Karo mempersilahkan mengakses lewat situs laman https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id/data-indeks. Laman ini merupakan website resmi Pusat Litbang Kemendagri.

Ukuran Inovasi Daerah

Menurut Bupati Karo, mengukur tingkat inovasi pada suatu daerah, melalui indeks inovasi daerah, sangat penting. Sebab kepala daerah dapat melihat kekurangan sebelumnya. Sehingga dapat memacu dan mendorong ASN, lebih ‘tancap gas’ bekerja kreatif dan inovatif.

Namun begitu, Terkelin meminta kepada ASN tetap semangat dan tetap bekerja sesuai regulasi. Serta diharapkan untuk tahun berikutnya agar lebih baik. Sehingga mendapat penghargaan dari Innovative Government Award.

Selain itu, katanya, keberhasilan dapat mendorong daya saing daerah dalam upaya mewujudkan kemandirian daerah.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment